Selasa, 14 Maret 2017
Kunci Sukses Layanan Perpustakaan Bank Indonesia

Tim Perpustakaan Kemensos melaksanakan studi banding kedua kalinya pada tahun 2017. Lokasi studi banding kali ini adalah Perpustakaan Bank Indonesia di Jakarta. Tim Perpustakaan Kemensos diterima oleh Kepala Perpustakaan Bank Indonesia, Ibu Rita Krisdiana dan staf.
Saat menjejakkan kaki di pintu masuk ruang Perpustakaan BI, maka kita akan melihat meja layanan sirkulasi dan sebuah library lounge dengan desain modern yang menarik berwarna nuansa kuning cerah. Bagian lain dari ruangan ini adalah kids room yang merupakan ruang baca anak lengkap dengan buku-buku anak hingga remaja serta mainan edukatif.

Perpustakaan BI dipilih sebagai lokasi studi banding karena perpustakaan tersebut sudah mendapat sertifikat ISO 9001: 2008 untuk layanan prima perpustakaan sejak tahun 2011. Disamping itu juga memiliki program prioritas yang dapat memberikan inspirasi bagi pengembangan Perpustakaan Kemensos. 
Sebagai perpustakaan khusus bidang moneter maka Perpustakaan BI memiliki visi “Menjadi Pusat Informasi Bidang Moneter, Stabilitas Sistem Keuangan dan Sistem Pembayaran-Pengelolaan Uang Rupiah terlengkap di Indonesia berbasis Teknologi Informasi”. Sedangkan misi Perpustakaan BI yaitu Mendukung kebijakan Bank Indonesia dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM berbasis pengetahuan dengan ketersediaan ragam koleksi perpustakaan, yang dikelola secara profesional dan diperkuat dengan teknologi informasi dan pelayanan prima.

Secara struktural Perpustakaan BI berada dibawah BI Institute pada Divisi Perpustakaan dan BI Institute Public Exposure. Perpustakaan BI juga memiliki perwakilan di provinsi  sampai kabupaten sebanyak 46 perwakilan dan sebanyak 4 Perpustakaan perwakilan diluar negeri. Perpustakaan BI pusat melakukan pembinaan terhadap seluruh Perpustakaan BI perwakilan secara rutin dan ditargetkan menjadi perpustakaan khusus yang terakreditasi.

Koleksi Perpustakaan BI terdiri dari 33.972 judul buku, 383 judul periodikal, 188 judul laporan BI, 47 judul statistik BI dan 7 jurnal BI. Selain itu juga terdapat kliping berita yang sudah dikelola sejak tahun 1998 hingga sekarang dengan subyek ekonomi, perbankan, stabilitas sistem keuangan, sektor riil, dan lain-lain.

Adapun program prioritas Perpustakaan BI tahun 2016-2019 meliputi pengembangan IT perpustakaan dan optimalisasi perpustakaan perwakilan dalam negeri. Bisnis proses Perpustakaan BI mengacu pad ISO 9001: 2008 untuk Manajemen Mutu Perpustakaan yaitu pengadaan, pengelolaan bahan perpustakaan dan layanan perpustakaan yang didukung oleh SDM Pustakawan yang profesional (kreatif, inovatif, dan proaktif) untuk mencapai visi dan misi Perpustakaan BI.

Perpustakaan Kemensos juga harus terus meningkatkan kualitas layanannya karena memberikan layanan prima merupakan kunci sukses bagi eksistensi perpustakaan sebuah lembaga.